Wednesday 15 March 2017


Soeara Rakjat, Nasional. Beberapa hari terakhir, netizen dihebohkan oleh sebuah cuitan di akun Twitter yang isinya menyamakan wajah penduduk pribumi dan Ketua MPR RI dengan foto manusia purba. Tulisan akun twitter @haloJakarta ini begitu viral di jejaring sosial.

Tak hanya gambar yang dinilai tak pantas. Bahkan pemilik akun ini menyertakan tulisan yang menyebutkan, warga pribumi terbelakang dan rasis. Kontan saja aksi berbalas tweet pun merebak di ranah Twitter dan kemudian meluas setelah para pengguna akun Facebook juga ikut membagi-bagikannya.

Awalnya, cuitan akun yang diyakini sebagai pendukung Ahok ini adalah untuk membalas statement Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, yang ditulis oleh akun resmi Info MPR.

Namun balasan akun @haloJakarta yang menyertakan gambar manusia purba dan tulisan yang menyebutkan pribumi terbelakang dan rasis ini menuai kegemparan.
Meski mungkin saja cuitan @haloJakarta ini sudah dihapus karena sulit untuk ditelusuri, namun capture atau tangkapan layar pemilik nick-name DP 0% Pembodohan ini sudah beredar luas.

Tak hanya netizen yang turut mengkritisi cuitan haloJakarta, bahkan Ketua MPR RI sendiri ikut angkat suara dalam persoalan ini. Zulkifli hasan bahkan menegaskan, dirinya tidak akan mempersoaljan cuitan ini secara personal. Namun tindakan atau proses hukum akan tetap diambil untuk menyelesaikan persoalan tersebut.
Hingga saat ini, cuitan Ketua MPR yang menyebutkan akan mengambil tindakan masih menuai perdebatan. Salah satunya ditulis oleh pendukung Ahok yang mengamini cuitan @haloJakarta.
Namun demikian, cukup banyak netizen yang juga mendukung pernyataan Ketua MPR. Sebagian dari mereka bahkan mengait-ngaitkan persoalan ini dengan maraknya tenaga kerja asing yang masuk Indonesia dan sebagiannya ilegal.

Menariknya, ada seorang netizen yang menyalahkan sikap akun @haloJakarta yang dinilai menghina tanpa mengetahui pokok persoalan. Selain itu, netizen ini juga mengoreksi tulisan akun resmi Info MPR yang menyebut 'pengusaha pribumi'.

Padahal dalam video yang juga diunggah, Ketua MPR dengan jelas mengatakan pemerintah dalam hal ini Presiden RI harus mendahulukan kepentingan pengusaha lokal (bukan pribumi) di kabupaten atau daerah.

Lebih lanjut, netizen ini menyebut bahwa mereka yang menyerang pribadi Ketua MPR dan warga pribumi adalah orang-orang bodoh yang mudah terprovokasi tanpa mengetahui duduk perkara yang sebenarnya. BDLVTM

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Popular Posts

Blog Archive