Monday 6 March 2017

Ka'bah dan Masjid Al Haram jelang senja/foto FP @iloveMuhammad
Soeara Rakjat, Risalah Islam. Mekkah, Makkah atau Mecca dalam ejaan internasional, adalah salah satu kota paling tua dan bersejarah di Jazirah Arab. Bersama beberapa kota tertua di dunia lainnya seperti Damaskus, Yerusalem, Baghdad hingga Mesir, Mekkah memiliki eksistensi dan sejarah panjang khususnya bagi umat Islam.

Seperti halnya Mesir, Baghdad atau Yerusalem, Mekkah adalah salah satu kota yang paling sering disebut-sebut dalam kitab suci khususnya Al Qur'an. Terkait Mesir atau Iskandariyah, meski berada di benua Afrika bagian utara, namun sering dianggap sebagai bagian dari Jazirah Arab karena hanya dibatasi oleh Terusan Suez dan juga kesamaan etnis, budaya maupun agama.

Dalam Al Qur'an, diceritakan ketika Nabi Ibrahim AS bersama siti Hajar dan puteranya Ismail bermukim di tempat yang sekarang menjadi kawasan Masjid Al Haram, karena diperintah Allah SWT. Nabi Ibrahim As lantas pergi dalam jangka waktu cukup lama untuk suatu keperluan. Karena persediaan makanan dan minuman habis, ASI Siti Hajar untuk Ismail pun mengering, bayi Ismail menangis kehausan.

Siti Hajar yang merasa kebingungan lantas mencari air dengan berlari-lari kecil antara bukit Safa dan Marwah sambil berdoa kepada Allah SWT agar diberikan apa saja untuk puteranya, Ismail. Setelah 7 kali pulang pergi, Siti Hajar kemudian melihat air terpancar di antara kedua kaki Ismail.

Rupanya do'a Siti Hajar dikabul dan atas perintah Allah SWT, Malaikat Jibril kemudian memukul bumi hingga terpancarlah air segar dari bekas jejakan kaki Ismail yang meronta-ronta karena kehausan. Itulah sumur Zam-zam yang hingga hari ini kita kenal.

Saat Nabi Ibrahim kembali dan mendapati Siti Hajar dan Ismail selamat beserta sumur zam-zamnya, bapaknya para nabi ini kemudian bersujud. Sebagai wujud rasa syukurnya kepada Allah SWT, Nabi Ibrahim AS lantas meninggikan bangunan Ka'bah.

Hingga saat ini, air dari sumur Zam-zam ini menjadi salah satu keistimewaan yang dimiliki kota Mekkah. Sumur sedalam 42 meter dan berusia 4000 tahun lebih ini menjadi oase yang tak pernah kering di tengah gurun yang tandus.

Sumur Zam-zam juga memiliki keistimewaan karena kandungan air yang murni lagi menyehatkan. Salah satu Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim menyebutkan, "Air Zam-zam itu penuh berkah, Ia makanan yang mengenyangkan (dan obat bagi penyakit)." 

Selain keistimewaan sumur Zam-zam, seorang netizen berhasil merangkum 12 Fakta dan keistimewaan lain dari Kabah dan kota Mekkah dari sudut pandang ilmiah atau sains. Silahkan klik See More, dan berikut ini penjabarannya:
Copas.... 12 FAKTA TENTANG KA'BAH YANG JARANG KITA KETAHUI Assalamualaikum.. Bismillah.. (Gak Baca Nyesel) 1. Mekah...
Dikirim oleh Naila Alba Ali pada 6 Maret 2017
Itulah 12 Fakta Tentang Ka'bah dan Kota Mekah yang dirangkum dan ditulis oleh Naila Alba Ali, dari berbagai sumber. Wallahualam, semua terjadi atas kehendak-Nya. BDLV/TM

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Popular Posts

Blog Archive